Rabu, 31 Oktober 2018

Jika Ibu Kekurangan Gizi, Apakah Janin Jadi Korban ??

Ibu Kekurangan Gizi, Apakah Janin Jadi Korban ?

Gizi ibu hamil apat dikatakan sempurna apabila setiap hari ia mengkonsumsi makanan yang mengandung seluruh zat gizi dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan.

Berikut inilah yang diperlukan bagi setiap ibu hamil dalam menjaga kesehatan janinnya: 

1. Kalori
Kekurangan kalori dapat mengganggu proses tumbuh kembang janin dan berbagai perubahan dalam tubuh ibu. Selain itu, konsumsi kalori (karbohidrat dan lemak) yang rendah akan menyebabkan banyak protein terbuang sebagai sumber enetji.

2. Protein
Protein dibutuhkan untuk pembangunan sel-sel baru janin, dan untuk pembentukan semua bahan pengatur, seperti hormon ibu dan janin. Protein merupakan zat gizi yang menjadi struktur dasar bagi pembentukan organ-organ dalam tubuh. Itulah sebabnya, ibu hamil dianjurkan mendapat ekstra protein sebanyak 12 gram sehari atau setara dengan dua butir telur ukuran besar setiap hari.

3. Serat
Konsumsi serat yang rendah dapat menyebabkan Anda mengalami sembelit atau sukar buang air besar.

4. Asam folat dan seng (Zn)
Beberapa makanan yang kaya akan asam folat diantaranya jeruk, pisang, bayam, brokoli, kembang kol, wortel, dan tomat. Sedangkan seng banyak terdapat dalam seafood (makanan laut). Kekurangan kedua jenis zat gizi ini dapat menyebabkan gagalnya pembentukan otak yang sempurna, sehingga menimbulkan cacat bawaan pada susunan saraf pusat dan otak janin.

5. Kalsium
Jika ibu hamil kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium, janin akan mengambil persediaan kalsium yang ada dalam tulang ibu. Akibatnya, ibu akan menderita kerapuhan tulang (osteoporosis).

6. Zat besi
Suplai zat besi yang cukup sangat diperlukan, karena volume darah Anda selama hamil akan meningkat sampai 30%. Jadi, jika kekurangan zat besi, maka ibu hamil dapat menderita gangguan anemia (kurang darah). Bukan hanya itu, kelancaran proses melahirkan pun bisa terganggu.

7. Air
Kekurangan cairan (dehidrasi) dapat berakibat fatal, karena bisa menyebabkan ibu hamil dirawat di rumah sakit. Oleh karena itu, sebaiknya Anda minum minimal 10 gelas air putih sehari. Dan sebagai variasi, Anda dapat mengganti air putih dengan jus buah atau yogurt.

Tidak ada komentar:
Write Post a Comment